Translate

Sabtu, 10 November 2012

4 Langkah agar Orangtua Didengarkan Anak Remaja

MEMILIKI anak yang beranjak remaja, berkomunikasi dengannya bukan sekedar pada percakapan singkat atau bahkan hanya pesan teks. Mereka sebagai remaja memiliki banyak pikiran dan Anda sebagai orang tua harus terlibat dalam percakapan penting terkait tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu ikuti empat cara mudah berikut ini agar anak Anda benar mendapatkan pesan yang disampaikan melalui komunikasi:
4 Langkah agar Orangtua Didengarkan Anak Remaja
1. Berkegiatan bersama
Bekerja berdampingan dengan anak remaja Anda adalah kegiatan yang tepat agar percakapan mengalir dengan mudah. Misalnya saat mempersiapkan makan bersama atau mencuci mobil, fokuskan perhatian pada aktivitas. Percakapan pun terasa lebih tidak canggung dan sang anak lebih terbuka membicarakan masalah atau keinginannya.

2. Momen belajar

Mungkin saja adegan dari sebuah acara televisi atau lirik dalam lagu memicu percakapan dalam pikiran Anda. Tanyakan pertanyaan terbuka yang tidak bisa hanya dijawab dengan ya atau tidak. Perhatikan bahasa tubuhnya dan ketahui kapan harus mengakhiri percakapan.

3. Perhatikan dan dengarkan

Remaja cenderung jarang mendekati orang tuanya untuk berbicara. Nah, jika anak remaja Anda mendekati, mulailah berbicara tentang sesuatu dan hentikan kegiatan yang sedang Anda lakukan. Bahkan jika Anda berada di tengah-tengah mempersiapkan makan atau melakukan pekerjaan. Peluang ini akan membangun hubungan yang lebih dewasa dengan anak remaja.

4. Mintalah saran

Salah satu cara terbaik berbicara dengan anak remaja Anda adalah bertanya pendapatnya atau sekedar saran. Hal ini berguna meningkatkan kepercayaan diri mereka dan mendorongnyanya menyuarakan pendapat.link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar