Translate

Sabtu, 15 Desember 2012

Tiga Kamera Mata-mata


MATA-MATA biasanya dilengkapi peralatan canggih. Dalam film Mission Impossible, Ethan Hunt diperlihatkan memakai berbagai perlengkapan yang tidak pernah dijumpai orang-orang.

Sang agen dengan kode 007, James Bond, juga demikian. Tapi ternyata para mata-mata memang menggunakannya. Sebuah museum mata-mata, International Spy Museum yang berlokasi di Washinton DC, Amerika Serikat memiliki berbagai koleksi peralatan mata-mata, dan salah satunya ialah kamera.

Nah, di bawah ini terdapat tiga kamera yang pernah digunakan oleh mereka yang pernah ditugaskan untuk menyusup ke sarang musuh dan mencuri berbagai informasi penting semasa Perang Dingin.
Tiga Kamera Mata mata
1. Kamera Mantel

Kamera ini kecil. Model F-21 yang digunakan oleh badan intelijen Rusia, KGB, muncul di era 1970-an. Karena kecil, lensanya ada di lubang kancing dan tombol shutter ada di saku.

2. Microdot


Badan intelejen Jerman Timur pada 1960-an memiliki kamera kecil yang dapat memotret dan membuat sebuah tulisan lebih kecil dari titik. Dengan begitu sang agen dapat membawa pesan rahasia tanpa takut ketahuan.

3. Kamera Merpati


Burung juga bisa menjadi mata-mata. Unggas tersebut rupanya pernah bertugas pada era 1950-an dengan membawa kamera untuk memotret wilayah geografis musuh. Hasilnya? 95% dinyatakan akurat.mi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar