Translate

Minggu, 24 Maret 2013

Komponen Utama Sistem Komputer

  1. Hardware
  2. Software
  3. BrainWare

Pembagian Hardware

Motherboard
Spesifikasi yang harus diperhatikan pada motherboard adalah:
  • Jenis Slot/ Socket Prosessor,
    Jenis konektor prosessor (slot/socket) menentukan jenis prosessor yang dapat digunakan dan batasan upgrade dari prosessor. Contoh Socket 478 dapat dipakai untuk semua prosessor kelas Pentium 4 dan Celeron 4 dengan FSB 400, 533 dan 800 Mhz.
  • Chipset motherboard
    Pilih motherboard dengan chipset terbaru yang mendukung memori SDRAM DIMM atau RDRAM RIMM, AGP slot 4X minimal dan harddisk ATA 100 minimal.
  • Jenis dan kapasitas slot memory
    Slot jenis DDR DIMM atau RIMM adalah pilihan yang terbaik karena mendukung kapasitas memori lebih besar. Untuk kecepatan, memori terbaik adalah DDR SDRAM atau RDRAM, tetapi RDRAM lebih mahal.
  • Slot ekspansi
    Perhatikan jenis dan jumlah slot ekspansi yang tersedia, seperti PCI bus minimal tipe 2.1, AGP bus 4 X support (minimum) dan ISA bus. Sesuaikan slot ekspansi dengan card adapter yang akan dipasang. Sebaiknya masih tersisa slot kosong untuk memasang card adapter yang mungkin diperlukan.
  • Port I/O
    Periksa jenis dan jumlah port I/O yang tersedia seperti USB, firewire, serial dan parallel port. Sesuaikan dengan kebutuhan piranti eksternal.
  • Feature
    Motherboard berkualitas baik akan dilengkapi dengan fitur Power Management ACPI untuk efisiensi penggunaan daya listrik dan PnP System (Plug and Play) yakni instalasi otomatis piranti eksternal.

Casing & Power Supply

Spesifikasi yang harus diperhatikan dalam memilih casing adalah :
  • Form factor
    Sesuaikan form factor (ukuran) casing dengan motherboard. Form factor ATX paling populer karena lebih flexible
  • Drive bay
    Jumlah drive bay (ruang penempatan drive seperti harddisk, CD ROM, floppy) disesuaikan dengan banyaknya drive yang akan dipasang. Sebaknya tersedia minimal dua drive bay untuk Harddisk, dua drive bay floppy dan tiga drive bay untuk CD atau DVD drive. Kelebihan drive bay kosong merupakan keuntungan karena dapat dicadangkan untuk drive lain yang mungkin diperlukan.
  • Port I/O,
    Casing yang menyediakan ruang untuk port I/O di depan akan memudahkan untuk menghubungkan piranti eksternal.
  • Power Supply,
    Bila casing sudah disertai dengan power supply maka pilihlah yang memiliki daya keluaran mencukupi minimal 300 watt.
Prosessor
Spesifikasi yang harus diperhatikan pada prosessor adalah :
  • Jenis Prosessor ,
    Jenis boxed lebih baik dari OEM karena sudah dilengkapi dengan heatsink atau fan serta diberikan garansi 3 tahun.
  • Kecepatan FSB
    FSB ( Front Side Bus) merupakan kecepatan asli/internal dari prosessor. Kecepatan FSB yang lebih tinggi akan lebih baik.
  • L1 Cache memori.
    Kapasitas yang lebih besar akan lebih baik
  • L2 Cache Memori
    Faktor kecepatan pada L2 cache lebih berpengaruh terhadap kemampuan kerja daripada kapasitasnya.
    L2 cache jenis on die lebih baik karena bekerja pada kecepatan FSB.
Harddisk
Faktor pertimbangan untuk harddisk
  • Jenis Harddisk
    IDE ATA 100 sudah memadai untuk aplikasi yang umum, untuk aplikasi video atau server akan lebih baik memakai jenis SCSI karena kecepatannya lebih tinggi minimal 10000 rpm
  • Kapasitas
    Umumnya kapasitas 20 GB sudah memadai, namun untuk video editing, web server atau database server sebaiknya dipilih kapasitas minimal 40 GB
  • Kecepatan putar disk
    Kecepatan 5400 rpm sudah memadai untuk banyak aplikasi, namun untuk aplikasi yang banyak melakukan transfer data seperti editing video atau database server pilihlah kecepatan minimal 7200 rpm
Monitor
Faktor pertimbangan memilih monitor adalah
  • Teknologi monitor
    Pilihan yang tersedia adalah LCD atau CRT, Jenis CRT tersedia pilihan layar datar, semi flat atau standar (cembung). Kelebihan layar LCD adalah warnanya lebih jernih namun lebih mahal
  • Ukuran monitor
    Ukuran monitor adalah panjang diagonal layar dalam satuan inci. Ukuran yang umum adalah 14”, 15”, 17”, 19” dan 21”. Semakin besar ukuran monitor maka tampilan akan lebih jelas namun harganya lebih mahal.
  • Resolusi monitor
    Resolusi adalah ukuran banyaknya elemen gambar (pixel) dalam arah vertikal dan horisontal. Nilai resolusi umumnya adalah 800 X 600 (SVGA) , 1024 X 768 (XGA) , 1280 x 1024 (SXGA) atau 1600 X 1200 (UXGA). Monitor modern umumnya dapat diset pada beberapa ukuran resolusi yang berbeda namun harus ditunjang oleh kemampuan dari video card.
  • Sistem kontrol
    terdiri dari analog dan digital. Monitor digital memiliki sistem pengontrolan untuk brightness, kontrast, ukuran dan posisi layar dengan tampilan menu sedangkan jenis analog memakai tombol putar.
Keyboard dan Mouse
Jenis-jenis keyboard dan mouse pada umumnya hampir serupa, Perbedaan pada jenis keyboard dan mouse terletak pada :
  • Konektor
    Pilihan jenis konektor untuk keyboard adalah USB atau PS/2, sedangkan konektor mouse terdiri dari jenis serial, PS/2 atau USB. Jenis konektor tidak banyak berpengaruh pada kemampuan keyboard mouse
  • Feature
    Keyboard dan mouse non standard dilengkapi dengan feature berupa desain ergonomis, tombol fungsi khusus untuk menyeret layar (scrolling) atau menampikan menu shortcut.
CD drive
Piranti pemutar CD (CD drive) antara lain terdiri dari CD-ROM, CD-RW, DVD-ROM dan DVD-RW.
Berikut adalah fakta sebagai pertimbangan dalam memilih CD drive
  • Kemampuan baca/tulis
    CD-ROM dan DVD-ROM tidak memiliki kemampuan menulis ke disc seperti halnya CD-RW dan DVD-RW.
  • Kapasitas data
    Kapasitas CD ROM berkisar 650 MB , sedang kapasitas DVD minimal 8,5 GB yakni pada jenis dual layer, single side hingga 17 GB pada dual layer, dual side.
  • Kecepatan Transfer Data
    Ukuran kecepatan transfer data dinyatakan dengan X-rating. Kecepatan transfer 1 X setara dengan 150 Kbps maka CD drive 52 X memiliki kecepatan transfer 7500 Kbps
  • Konektor
    CD drive memiliki beberapa jenis konektor interface yakni SCSI, IDE, Parallel dan USB.
Faktor Pertimbangan
Selain faktor kebutuhan terdapat beberapa faktor pertimbangan dalam memilih komponen hardware yakni :

Kesesuaian (compatible)
Suatu komponen dapat dikatakan sesuai atau compatible dengan komponen lain bila dapat bekerja normal jika dipasangkan dengan komponen tersebut.
Contoh :
Keyboard jenis PS/2 dapat dipasang ke konektor PS/2 untuk mouse namun tidak dapat bekerja normal.
Keseimbangan
Keseimbangan berarti tidak terdapat perbedaan jauh kemampuan dari suatu komponen dengan komponen pendukungnya
Contoh :
Kombinasi antara Prosessor 450 Mhz dengan RAM 128 MB lebih seimbang dari Prosessor 1,2 Ghz dengan RAM 64 MB
Upgradable
Kemudahan untuk mengganti atau menambahkan komponen untuk mendapatkan peningkatan performa.
Contoh :
Prosessor Pentium Celeron 4 dengan socket 478 dapat diupgrade ke Pentium..!source

Pembagian Software
 
1. Perangkat Lunak Sistem
a. Sistem Operasi
Sistem Operasi atau Operating System adalah perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi.
b. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah instruksi dan aturan-aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk dapat melaksanakan tugas.
c. Program Utility
Program Utility adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer.

Selain perangkat lunak sistem, komputer membutuhkan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi membantu manusia menyelesaikan pekerjaan pada bidang tertentu.
Contoh perangkat lunak aplikasi adalah pengolah presentasi. Microsoft PowePoint yang berguna untuk membuat slide-slide presentasi. Ada pula Microsoft Word yang digunakan untuk mengolah kata, sedangkan Microsoft Excel digunakan untuk mengolah tabel, angka, perhitungan-perhitungan baik matematik maupun statistik.

2. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (application programm) merupakan program khusus yang digunakan untuk aplikasi bidang tertentu. Program ini sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan khusus. Banyak program aplikasi yang sudah beredar antara lain contohnya sebagai berikut :
a. Program apalikasi pengolah kata
Program aplikasi pengolah kata digunakan untuk pengolahan naskah-naskah, seperti surat menyurat, buku diktat, proposal laporan kegiatan, media informasi, dan lainnya. Beberapa contoh program pengolah kata : Microsoft Word, Word Perfect, Adobe Page Maker, Chi Writer, dan lain-lain.
b. Program aplikasi pengolah angka
Perangkat lunak atau program aplikasi pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyelesaikan pengolahan berbagai data kuantitatif (angka) yang relatif cepat dan akurat. Dengan pengolah angka, user dapat menyajikan data secara cepat dan tepat, baik dalam bentuk tabel maupun grafik. Beberapa contohnya antara lain : OpenOffice.Org Cal, Microsoft Excel, Lotus 123, dan lainya.
c. Program aplikasi pengolah Presentasi
Program aplikasi pengolah presentasi adalah program aplikasi untuk merancang slide yang biasa digunakan untuk presentasi dalam suatu pertemuan. Hasil perancangan tersebut dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk media komunikasi seperti layar monitor, layar lebar melalui infocus, Head Projector, LCD, internet dan sebagainya.
Dengan menggunakan fasilitas Animation Effects, Transition, Sound Effects dan fasilitas lainnya yang tersedia pada MS Power Point dapat membuat berbagai slide menjadi menarik dengan efek-efek yang tesedia tersebut.
Beberapa contohnya antara lain : Microsoft Power Point, Open Office Impress, Macromedia Authorware dll.
d. Program aplikasi pengolah data
Perangkat lunak ini berfungsi mengelola data yang besar. Dengan program pengolah data ini kita dapat secara cepat dan akurat memasukkan dan menyunting data, menyeleksi data dengan kriteria tertentu, membuat laporan data dengan kriteria tertentu dan lain-lain.
Hasil penyimpanan dari program ini biasa di sebut basis data atau database, yang biasanya digunakan untuk pengolahan data instansi-instansi atau perusahaan. Contohnya : Microsoft Access, DBase, Foxpro, MySql, SqlServer dan lainnya.
e. Program Aplikasi pengolah grafis
Program aplikasi pengolah grafis seperti namanya diperuntukan untuk membuat dan mengolah gambar. Program ini cocok untuk desain, periklanan dan percetakan. Contohna : Corel Draw, Photoshop, Freehand dan lain-lain.
f. Program aplikasi Multimedia
Seperti namanya program ini berfungsi untuk mengolah multimedia seperti audio maupun video. contoh : Winamp, WIndows Media Player, FLV Player dan lain-lain.source

Pembagian Brainware

Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :
  1. Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.
  2. Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
  3. Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
  4. Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.
  5. Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertentu. Bisa disebut juga Mandor :D .
  6. Programmer bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
  7. Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.
  8. Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.
  9. Database Administrator adalah Brainware yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sebagainya.
  10. System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Jadi seorang Sistem Analis harus berhati – hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.
Berikut adalah komponen brainware berdasarkan media organisasinya :
  • Network Platform
    1. Administrator
    2. Backup Operator
    3. Network Config Operator
    4. Power User
    5. Remote Desktop User
    6. Replicator
    7. User
    8. Guest
    9. Debugger User
    10. Help Services Group
  • Web Platform
    1. Web Master
    2. Designer
    3. Operator
    4. User
  • Software Builder
    1. Analisis Sistem
    2. Programmer
    3. Operator
     source


 



1 komentar:

  1. ayo kunjungi website kami dan mainkan gamenya yang sangat asik hanya ada di Games Seru

    BalasHapus