Translate

Sabtu, 10 November 2012

Cara Tepat Ajari Anak Gemar Berbagi

SALAH satu tugas orang tua adalah mengajarkan anak untuk bisa saling berbagi dalam kebaikan. Memiliki anak dengan pribadi yang kikir pastinya akan membuatnya cenderung tidak memiliki teman. Sebagai orangtua, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar sang buah hati memiliki sifat yang pemurah dan menyenangkan.
Cara Tepat Ajari Anak Gemar Berbagi
1. Ajarkan kepada anak bahwa berbagi itu sangat menyenangkan. Tidak semua teman sebayanya bisa merasakan fasilitas yang ia dapatkan. Meskipun perlahan, ucapan orang sekitarnya akan diserap oleh anak.

2. Anda bisa mengajarkannya dengan cara yang sederhana terlebih dahulu. Ajak anak untuk bermain dengan teman sebayanya. Berikan beberapa mainan dan ajarkan dia untuk berbagi mainan dengan temannya. Dengan demikian, dia akan mengetahui bahwa berbagi mainan sangat membuat jam bermain lebih seru karena akan membuat teman bertambah.

3. Saat di rumah, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk berbagi. Ajaklah anak untuk turut serta memberikan makanan kepada hewan peliharaan. Dengan demikian dia akan memahami apa arti berbagi dan menyayangi pada mahluk lainnya.

4. Saat berlibur, jangan membiasakan anak untuk menghabiskan waktu dengan memanjakannya di tempat hiburan. Anda bisa mengajak anak untuk berkunjung ke lembaga-lembaga sosial sambil membawa beberapa mainan anak. Dari sana, anak akan belajar untuk berbagi lewat mainannya.

5. Terakhir, orang tua adalah sosok pertama yang dijadikan sebagai contoh anak untuk berperilaku. Tunjukan sikap yang terpuji, dengan demikian anak Anda akan mengikutinya.link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar